BERMAIN

Published 5 Maret 2012 by dyasahara

BERMAIN DAN JENISNYA

Arti kata bermain sama dengan istilah main, yaitu menunjuk pada aktivitas seseorang yang melakukan suatu permainan. Bermain sendiri dapat diartikan sebagai interaksi dengan orang, hewan atau barang dalam konteks pembelajaran atau rekreasi yang bersifat menyenangkan.

Secara umum, manfaat bermain bagi tumbuh kembang anak dibedakan menjadi 5 karakter golongan, yaitu:

a.       Motorik: yaitu manfaat yang berhubungan dengan nilai-nilai positif mainan yang terjadi pada fisik jasmaniah anak. Unsur yang terkandung di dalamnya seperti kesehatan, keterampilan, ketangkasan maupun kemampuan fisik tertentu.

b.      Afektif: yaitu manfaat mainan yang berhubungan dengan perkembangan psikologis anak. Unsur yang tercakup di dalamnya antara lain naluri, perasaan, emosi, sifat, karakter, watak, maupun kepribadian seseorang.

c.       Kognitif: yaitu manfaat mainan untuk perkembangan kecerdasan anak. Berhubungan dengan kemampuan imajinasi, nalar, logika, maupun pengetahuan yang sistematis.

d.      Spiritual: yaitu manfaat mainan yang menjadi dasar pembentukan nilai-nilai kesucian maupun keluhuran akhlak manusia.

e.       Keseimbangan: yaitu manfaat yang berfungsi untuk melatih dan mengembangkan perpaduan antara nilai positif dan negatif.

Agar anak dapat memiliki manfaat yang cukup dalam bermain, maka perlu adanya pemilihan mainan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Jenis mainan sendiri secara umum dibagi menjadi 3, yaitu:

a.       Mainan ekspresif

Mainan ini adalah jenis mainan yang tidak terpaku pada objek benda yang digunakan tetapi mainan yang murni mengandung unsur kepuasan psikologis, misalnya saja pasir. Pasir bukan merupakan mainan anak, namun bagi anak bermain pasir memiliki kesenangan dan kepuasan tersendiri.

b.      Mainan komplementer (pelengkap)

Mainan komplementer adalah jenis mainan yang sengaja dibuat dan direkayasa untuk mendapatkan kesenangan atau kepuasan bagi anak. Tidak memiliki nilai positif yang banyak. Yang masuk kategori mainan ini seperti game, nitendo, dll.

c.       Mainan edukatif

Mainan ini adalah mainan yang alami terjadi atau sengaja diciptakan dengan tujuan mendidik, mangarahkan dan mengasah kemampuan khusus dalam diri anak yang meliputi unsur motorik, afeksi, kognitif, spiritual dan keseimbangan. Yang termasuk mainan ini seperti puzzle, bekel, gorong-gorong, dll.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: